8 Alasan kenapa Artist harus Menggambar lebih Banyak

Screen-shot-2012-10-17-at-6.34.58-PM

Faktor yang paling krusial dalam menghasilkan sebuah ilustrasi yang keren adalah kemampuan untuk melihat. Setelah pengamatan yang cermat, artis harus menerjemahkan adegan, dan kemudian merekamnya di atas kertas.
Menggambar atau sketching adalah bagian penting dalam ilustrasi. Baik itu sketching cepat atau sketch dengan rendering yang kompleks, akan meningkatkan skill artistik kita. Banyak artist besar yang selalu meluangkan waktunya untuk sketching di antara rutinitas mereka membuat artwork.

Apa yang membuat sketching menjadi begitu penting bagi seorang artist? Inilah 8 alasannya:

1. Belajar untuk melihat.
Persepsi visual adalah kombinasi kerja mata dan otak. Dengan durasi menggambar yang makin tinggi, kemampuan koordinasi visual dan otak akan makin berkembang. Kemampuan ini akan mempertajam persepsi terhadap berbagai obyek yang memiliki kerumitan yang beraneka ragam. Ini akan membantu seorang artist menentukan bagaimana ia membuat gambaran sebuah artwork yang akan diciptakannya dari referensi yang ada.

2. Untuk Mendapatkan inspirasi untuk design.
Cara untuk mendapatkan ide-ide tidaklah dengan berusaha memikirkan ide – ide yang belum muncul, ide seringkali muncul saat kita dalam proses “problem solving” termasuk saat pembuatan sebuah ilustrasi baru. Semakin sering kita menggambar semakin banyak ide akan bermunculan. Sebuah gambar baru akan mengarahkan kita pada satu ide baru berikutnya. Sebuah ide baru merupakan bagian dari apa yang pernah kita lakukan sebelumnya walaupun dalam bagian terkecil.

3. Untuk Merekam bentuk geometris dan pola dari komposisi.
Seorang artist harus memiliki kemampuan melihat persepsi secara keseluruhan, yaitu melihat sebuah komposisi melalui bentuk – bentuk tertentu yang tercipta dari komposisi tersebut. Data base yang banyak tentang bentuk geometris dan pola komposisi akan memperkaya data base seorang artist.

4. Untuk Mengorganisasi komposisi ke dalam sedikitnya 4 value untuk membuat komposisi yang solid.
Value adalah bagaimana gelap dan terangnya warna itu. Percaya atau tidak, value itu lebih penting daripada warna dalam design dan kesuksesan dari sebuah Painting. Value digunakan untuk membuat focal point dalam gambar. Mata manusia dengan cepat dapat melihat elemen gelap atau terang dalam gambar, dari situlah terbentuk focal point untuk mengganti ilusi kedalaman, gradasi dari value dibutuhkan. Area gelap dan terang  juga memberikan efek ilusi 3D pada subjek yang diberikan value.
Sekarang ini banyak artist yang percaya bahwa menjaga skala value yang tepat (dengan cara membatasi komposisi ke hingga 4 value) dapat membantuk membuat artwork yang kohesif dan harmonis.

values
Dan dos Santos

artwork by: Dan dos Santos

5. Untuk pemecahan masalah dan analisa.
Menggambar bisa menjadi sebuah proses rekonstruksi dari apa yang ada dalam pikiran kita. Kemampuan merekonstruksi dengan baik sangat membantu memecahkan masalah dalam pembuatan konsep dan menganalisa sebuah konsep baru.

6. Untuk menyimpan waktu dan menggunakan waktu lebih banyak saat mengerjakan artwork kita daripada memecahkan masalah.
Dengan kemampuan kita yang makin membaik, kita jadi lebih memiliki banyak waktu untuk berkarya dan tidak perlu buang – buang waktu untuk proses problem solving yang membuat proses berkarya menjadi stagnan

7. Untuk belajar kecekatan artistic dan koordinasi antara tangan dan mata dan berhubungan dengan skill imajinasi.

8. Untuk membantu ingatan. Menggambar seperti menulis ulang dan merekam ingatan yang akan membuatnya lebih tertanam dalam ingatan. Membantu memori jangka pendek dan ide yang mungkin akan mudah lupa.

1233984_10201494708263114_963147303_n
(BP)/ Adaptasi dari: http://www.finearttips.com/2012/10/10-reasons-why-artists-should-draw-more/

Leave a Reply